thesis PENGARUH MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DAN MANAJEMEN KURIKULUM TERHADAP PENINGKATAN PEMBELAJARAN FISIKA DI SMAN 1 PASAWAHAN KABUPATEN KUNINGAN

PENGARUH MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DAN MANAJEMEN KURIKULUM TERHADAP PENINGKATAN PEMBELAJARAN FISIKA DI SMAN 1 PASAWAHAN KABUPATEN KUNINGAN

Oleh :

DONDY SUKMA PERMANA

NIM : 0805000031

TESIS

Diajukan untuk memenuhi salah satu syarat ujian guna memperoleh

Gelar Magister Sains (M.Si) dalam bidang Manajemen Otonomi Pendidikan

Program Magister Ilmu Pemerintahan

PROGRAM MAGISTER ILMU PEMERINTAHAN

UNIVERSITAS PRAMITA INDONESIA TANGERANG

2009

ABSTRAK

PENGARUH MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DAN MANAJEMEN KURIKULUM TERHADAP PENINGKATAN PEMBELAJARAN FISIKA DI SMAN 1 PASAWAHAN KABUPATEN KUNINGAN

Oleh   :   Dondy Sukma Permana

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Manajemen Berbasis Sekolah dan Manajemen Kurikulum terhadap Peningkatan Pembelajaran Fisika di SMAN 1 Pasawahan Kabupaten Kuningan. Subjek penelitian ini adalah Kepsek, Wakasek, Guru, TU, Komite dan Siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Stratified Random Sampling, dengan demikian sampel pada penelitian ini sebanyak 174 orang.

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Manajemen Berbasis Sekolah dan Manajemen Kurikulum secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang positif terhadap Peningkatan Pembelajaran Fisika di SMAN 1 Pasawahan Kabupaten Kuningan, hal ini diperoleh dari hasil pengolahan data nilai F-statistic sebesar, 614.8465 sedangkan besarnya F-tabel dengan derajat bebas (df) 2 dan 171 pada a (0,05) sebesar 2.9957. Dengan demikian nilai F-statistic > F-tabel, sehingga hipotesis yang diambil Ho ditolak, H1 diterima.

Manajemen Berbasis Sekolah mempunyai pengaruh yang positif terhadap Peningkatan Pembelajaran Fisika di SMAN 1 Pasawahan Kabupaten Kuningan, hal ini berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh nilai t-statistic sebesar 14.36129, sedangkan besarnya t-tabel dengan derajat bebas (df) 171 pada a (0,025) sebesar 1.960. Dengan demikian nilai t-statistic > t-tabel,  sehingga hipotesis yang diambil  Ho ditolak, H1 diterima.

Manajemen Kurikulum mempunyai pengaruh yang positif terhadap Peningkatan Pembelajaran Fisika di SMAN 1 Pasawahan Kabupaten Kuningan, hal ini berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh nilai t-statistic sebesar 19.37201, sedangkan besarnya t-tabel dengan derajat bebas (df) 171 pada a (0,025) sebesar 1.960 ; Dengan demikian nilai t-statistic > t-tabel,  sehingga hipotesis yang diambil adalah Ho ditolak, H1 diterima.

Diperoleh Koefisien Determinasi (R²) sebesar 0.877918, artinya bahwa sebesar 87.7918% keragaman Peningkatan Pembelajaran Fisika di SMAN 1 Pasawahan Kabupaten Kuningan disebabkan oleh keragaman Manajemen Berbasis Sekolah dan Manajemen Kurikulum, sedangkan sisanya 12.2082% disebabkan oleh faktor lainnya yang dalam penelitian ini tidak dianalisis lebih lanjut.

ABSTRACT

The Impact of School Based Management and Management of Curriculum toward Achievement of Science Studying at Public Senior High School in Pasawahan 1 of Kuningan Regency

By    :   Dondy Sukma Permana

The objective of this research is to examine the impact of School Based Management and Management of Curriculum toward Achievement of Science Studying at Public Senior High School in Pasawahan 1 of Kuningan Regency. The subject of this research are principal, vice principal, teacher, administer, committee and student at Public Senior High School in Pasawahan 1 of Kuningan Regency. The technique sampling for this research is a Stratified Random Sampling. Sample of this research are 174 peoples as respondents.

The result of this research proved that as together the School Based Management and Management of Curriculum have positive impact toward Achievement of Science Studying at Public Senior High School in Pasawahan 1 of Kuningan Regency, its proved from the values of F-statistic 614.8465 and F-tabel 2.9957,  F-statistic > F-tabel  its mind that Ho refused and H1 accept.

The School Based Management have positive impact toward Achievement of Science Studying at Public Senior High School in Pasawahan 1 of Kuningan Regency, its proved from the values of t-statistic 14.36129 and t-tabel 1.960,        t-statistic > t-tabel, its mind that Ho refused and H1 accept

The Management of Curriculum have positive impact toward Achievement of Science Studying at Public Senior High School in Pasawahan 1 of Kuningan Regency, its proved from the values of t-statistic 19.37201 and t-tabel 1.960,         t-statistic > t-tabel, its mind that Ho refused and H1 accept.

The values of Koefisien Determination (R²) 0.877918 its mind that 87.7918% varian of Achievement of Science Studying at Public Senior High School in Pasawahan 1 of Kuningan Regency cause of School Based Management and Management of Curriculum varians, and 12.2082% its cause of any other factor.

KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan pada Tuhan Yang Maha Esa, atas perkenan limpahan-Nya, sehingga penulisan Tesis akhirnya dapat penulis selesaikan. Penulisan Tesis ini diajukan sebagai bahan ujian Tesis guna memperoleh Gelar Magister Sains pada Program Pascasarjana Magister Ilmu Pemerintahan UNPRI Tangerang. Penulis berharap adanya saran dan masukan dari berbagai pihak demi penyempurnaan-penyempurnaan penelitian yang akan penulis lakukan.

Dalam kesempatan ini, penulis ingin mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tak terhingga kepada semua pihak yang telah membantu penulisan Tesis ini, terutama kepada :

  1. 1.     Bapak Prof.Dr.Dr.(Hons). H. Benny Gunawan, MSc, APU, selaku Ketua Komisi Pembimbing dan Direktur Program Pascasarjana Magister Ilmu Pemerintahan UNPRI Tangerang.
  2. 2.     Pimpinan beserta staf, yang telah memberikan dukungan pada penulisan untuk menyelesaikan sekolah S2 ini.
  3. 3.     Keluarga tercinta yang telah memberikan dukungan moril selama penyusunan tesis ini.
  4. 4.     Semua pihak yang telah memberikan bantuan, dorongan dan bimbingan moril maupun materil.

Akhirul kata semoga jasa baik semua pihak yang telah membantu penulis, mendapatkan Ridho dan Rahmat dari Allah SWT. Amin.

Kuningan, Mei 2009

7 responses

  1. Selamat sore pak, mohon kiranya Bapak berkenan mengirimkan kepada saya materi manajemen kurikulum berbasis sekolah. Terima kasih Pak.

    1. ini dalam format doc kalo bukunya sih cari aja di gramedia

  2. boleh nanti saya kirimkan ke Email anda

  3. kalau berkenan dan boleh kami mohon dikirim via email thesis bapak tentang mbs, karena saya sedang mengerjakan thesis yang sama dan kami kesulitan mencari literatur peneliti terdahulu, terima kasih sebelumnya awal desember ini saya ujian proposal

  4. Kalo bapak berkenan tolong dikirimkan bahan-bahan mengenai manajemen kurikulum karena saat ini sangat saya butuhkan untuk pembuatan tesis saya.tks

  5. wah banyak juga yang mengerjakan thesis dengan judul yang sama, paling saya bisa kirim bab teorinya saja , maaf ya temen karena menyangkut dari privasi itu sendiri

  6. untuk bab teori sudah saya muat diblog ini semoga bermanfaat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: