rpp vektor

RENCANA PEMBELAJARAN

  1. Identitas Mata Pelajaran

Mata Pelajaran : Fisika

Kls/smt                            : X / 1 (satu)

Materi Pelajaran              : 1.1 Menjumlahkan dua buah vektor dengan metoda      jajaran genjang dan poligon

Waktu                              : 2 jam pelajaran

II.    Kompetensi dasar    : Melakukan penjumlahan dan perkalian dua buah vektor

  1. Indikator pencapaian hasil belajar
    1. Indikator Pengetahuan :

Menjumlahkan vektor dengan metoda jajaran genjang dan poligon

  1. Indikator Psikomotor

Terampil menggunakan neraca pegas untuk menunjukkan vektor

Terampil melukis vektor pada kertas grafik

  1. Afektif

Bersifat terbuka dan aktif belajar

  1. Indikator sills

Sadar akan eksistensi diri bahwa dua arah atau lebih dari dapat dijadikan satu arah

Menggali informasi

Menyimpulkan , mengambl keputusan, mengkomuniksikan.

  1. Materi Pembelajaran

Konsep/sub konsep         : menjumlahkan vektor menggunakan metoda jajaran genjang dan poligon

  1. Strategi Pembelajaran
    1. Metoda    : Eksperimen

Pendekatan              : proses

  1. Langkah-langkah :
    1. Pendahuluan :
  • Motivasi : menggali pendapat siswa jika ada pesawat terbang bergerak dipengaruhi kecepatan angin.
  • Prasyarat : mengukur sudut, melukis koordinat kartesius
  1. Kegiatan Inti
  • Pembagian kelompok siswa ( 5 orang tiap kelompok)
    • Kerja kelompok mempraktekan vektor menggunakan neraca pegas
    • Melukis diagram vektor dari hasil peragaan pada kertas grafik
    • Diskusi kelompok merumuskan penjumlahan vektor dengan metoda jajaran grnjang dan poligon
    • Diskusi kelas dalam upaya menyamakan konsep.
  1. Penutup
  • Tanya jawab dalam upaya menyimpulkan dan menyamakan persepsi konsep yang diperoleh
  • Pemberian soal penilaian proses
  1. Alat Pelajaran/ sumber

Alat/bahan                       : neraca pegas, kertas grafik

Buku sumber   : Buku paket dan buku yang sesuai.

LEMBAR  KERJA SISWA (LKS)

Tujuan                         : menjumlahkan vektor dengan metoda jajaran genjang dan poligon

Alat dan bahan            : neraca pegas tiga buah, kertas grafik

Prosedur kerja             :

  1. Hubungkan tiga buah pegas seperti pada gambar di bawah, sudut antara F1 dan F2 = 60o F2

F3

F3

  1. Amati dan catat sekala yang ditunkukkan oleh masing neraca pegas

F1 = ……

F2 = ……

F3 = ……

  1. Lukis F1 , F2, dan F3 pada kertas grafik dengan konversi sekala 1 N = 1 cm
  2. Dari duagram vektor di atas jika arah F3 =  dibalik arahnya kemudian hubungkan ujung vektor F2 dengan ujung vektor F3, dan ujung vektor F1 dengan ujung vektor F3. Bentuk bangun apakah yang dibentuk oleh ketiga vektor tersebut ?
  3. Buat kesimpulan dari kegiatan 4 di atas.
  4. Tentukan jumlah vektor V1, dan V2 berdasarkan grafik di bawah.

Skala dalam grafi 1 cm.

VR
V
V2

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: